Kamis, 28 Februari 2013

Tiga Teknik Dasar Bermain Gitar Untuk Pemula


Ada tiga teknik dasar yang perlu Anda pelajari untuk mulai memainkan lagu favorit Anda. Teknik satu: chords Gitar merupakan dasar untuk semua lagu gitar akustik. Teknik dua: teknik memetik. Teknik tiga: pergeseran antar akord. Menguasai ketiga teknik dan Anda akan dapat memainkan beberapa lagu yang paling populer yang pernah diproduksi oleh beberapa seniman yang sangat terkenal.

Teknik Bermain Gitar Satu: Chords Gitar
Cara tercepat untuk memulai sebagai pemula adalah belajar setidaknya tiga akord mayor sederhana, seperti D, C dan G mayor atau C, F dan G mayor. Akord sederhana akan memberikan fondasi dasar untuk belajar lagu mudah dan terkenal pada gitar. Membingkai bentuk dari masing-masing chord gitar akan membutuhkan cukup sedikit latihan dan kesabaran, tetapi sekali Anda menguasai mereka, Anda tidak akan kecewa karena duniagitar perlahan-lahan akan terbuka untuk Anda. Ketika Anda berlatih secara konsisten Anda akan membangun kekuatan yang diperlukan dalam otot, Anda juga akan mengembangkan chord-memori di tangan terutama jika Anda seorang pemula. Apa artinya ini? Ini berarti bahwa semakin banyak Anda berlatih bentuk akord lebih jari Anda akan menganggap bentuk akord cepat tanpa upaya sadar – menjadi otomatis dan alami.
Salah satu cara terbaik untuk berlatih setiap akord adalah untuk membingkai akord masing-masing tanpa memetik, tekan keras untuk mengembangkan otot dan re-frame setiap akord lagi dan lagi. Lakukan ini untuk masing-masing tiga akord mayor.
Teknik Bermain Gitar Dua: Memetik
Setelah Anda telah menguasai bentuk kord dasar maka Anda perlu belajar bagaimana memetik. Sekali lagi ini akan membutuhkan latihan dan kesabaran. Timing, ritme dan koordinasi adalah bagian dari teknik yang baik membutuhkan latihan yang konsisten. Anda akan membutuhkan pick lembut untuk memulainya dan belajar bagaimana untuk menahannya (pencarian YouTube untuk pelajaran dasar). Saya tidak menggunakan pick karena saya tumbuh dan membentuk kuku jari di tangan kanan saya.
Bagi saya, strumming merupakan bagian pergelangan tangan dan gerakan bagian siku dan kadang-kadang itu hanya di pergelangan tangan atau di siku. Anda akan perlu bereksperimen dengan ini untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk setiap lagu. Yang paling dasar memetik hanyalah sebuah down-stroke (D) yang Anda dapat menambahkan up-stroke (U). Sebuah pola yang perlu ditelusuri sebagai pemula adalah kombinasi dari bawah dan upstrokes yang terlihat seperti ini: D DU UD. The DU adalah turun dan upstroke dimainkan satu demi satu sebagai pasangan, juga dengan UD.
Anda harus berlatih ini memetik tanpa gitar untuk mendapatkan ide dari teknik, kemudian berlatih dengan string teredam. Setelah Anda merasa nyaman maka Anda dapat berlatih dengan tiga Anda akord mayor. Kuncinya adalah untuk menyelesaikan urutan akord D DU UD sebelum Anda pindah ke akord berikutnya.
Teknik Bermain Gitar Tiga: Pergeseran antara Chords
Akhirnya, pergeseran antara akord masing-masing juga teknik penting pemula perlu menguasai. Sekali lagi, berpindah dari satu chord ke chord lain akan membutuhkan latihan dan kesabaran. Untuk pemula, yang terbaik adalah mulai dengan berlatih tanpa memetik. Frame pertama chord, misalnya utama D, kemudian beralih ke akord berikutnya C mayor tanpa memetik, kemudian beralih ke akord ketiga, G besar tanpa memetik, kemudian beralih kembali ke D mayor. Lakukan latihan sederhana ini berkali-kali tanpa memetik dan dalam waktu. Setelah Anda menjadi akrab dengan setiap struktur chord Anda dapat mencampurnya: D ke G ke C dan seterusnya.
Lagu Gitar Akustik yang Mudah untuk Belajar
Setelah Anda telah belajar teknik-teknik dasar framing tiga akord mayor, dasar memetik teknik dan pergeseran mudah antara setiap akord, maka Anda dapat belajar untuk memainkan beberapa lagu akustik gitar seperti Sweet Home Alabama oleh Lynyrd Skynyrd, Bad Moon Rising oleh Creedence dan Brown Sugar oleh Stones dan banyak lagi.

3 komentar:

  1. Saya mulai belajar gitar kelas 1 SMP dulu...tapi thn 90an...hehehe...skrg sih lumayan...n sdh tua tentunya...izinkan saya untuk sharing juga bagi yg ingin memperdalam gitar secara lengkap dari pemula sampai mahir silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com

    BalasHapus
  2. rata rata para gitaris pemula seperti saya kenaknya diperpindahan chord sob. mungkin sobat admin bisa memberikan tips & triknya.
    kunbal juga ya sob ke blog GITAR AKUSTIK saya

    http://gitarel.blogspot.com

    BalasHapus