Sabtu, 14 April 2012

Kebudayaan Negeri Jepang

Mengungkap Kebudayaan Jepang (GEISHA)


Jepang adalah salah satu negara yang terletak di Benua Asia. Ibu kota dari Jepang adalah Tokyo.Jepang sendiri merupakan negara termaju di seluruh dunia khususnya di bidang telekomunikasi dan permesinan.
Negara Jepang memiliki penduduk kira-kira sebanyak 128 juta orang. Jepang juga merupakan salah satu tempat tujuan yang ingin di kunjungi oleh para wisatawan dari berbagai negara. Yang membuat para wisatawan itu tertarik pada negara Jepang adalah budaya dari negara Jepang itu sendiri.
Kebudayaan di Jepang sangat beragam. Salah satunya adalah budaya Geisha. Di jepang, Geisha adalah sebutan untuk para wanita penghibu. Geisha berpenampilan sangat menarik untuk membuat para pelanggannya tertarik melihatnya. Geisha mengenakan kimono, berhias wajah dengan make up tebal berwarna putih dan menggunkan lipstik berwarna merah tebal, serta rambutnya sanggul dengan menggunakan sanggul yang besar. Alas kaki yang dikenakan geisha yaitu sendal yang terbuat dari kayu atau bakiak yang tinggi kimono yang dikenakan tidak menyentuh tanah (agar tidak kotor).
Kebudayan ini sudah terjadi sejak lama. Kegiatan ini juga dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Geisha di jepang harus pandai juga menari, pandai memainkan alat musik tradisional khas Jepang yaitu Shamisen, serta harus pinter dan berpengetahuan luas. Geisha harus berbicara sopan dan berprilaku ramah dan lemah lembut. Geisha sebenarnya sudah ada selama kurang lebih 400 tahun yang lalu.
Pada waktu itu, Geisha sebenarnya merupakan kalangan atas (golongan elit). Geisha juga sangat di puja oleh masyarakat Jepang dan merupakan simbol serta paling penting dalam kebudayaan Jepang.
Zaman dulu, Geisha bukan seorang wanita melainkan seorang laki-laki yang bertugas sebagai penghibur para pelanggan. Tetapi sekarang Geisha digantikan oleh para perempuan. Di salah satu kota di Jepang khususnya di kota Kyoto, banyak sekali ditemukan Geisha. Tempat berkumpulnya para Geisha sering disebut “Gion”.
Di sana terdapat anak-anak berumur 7-8 tahun yang sedang dididik menjadi seorang geisha. Anak-anak itu belajar menari dan bermain alat musik tradisional Shamisen. Anak-anak itu juga didik agar menjadi seorang Geisha yang berpenampilan menarik dan berprilaku sopan dan lemah lembut. Geisha sendiri hanya menghibur para tamu dan tidak menjadi seorang pelacur. Kebudayaan ini menjadi kebudayaan misteri yang sulit diungkap bagi masyarakat Jepang.
Kebudayaan lain di Jepang adalah kebudayaan dari style anak muda Jepang. Style kebudayaan Jepang salah satunya adalah style Harajuku. Style Harajuku banyak di ikuti oleh remaja-remaja di Indonesia.
Dari kebudayaan berpakaiannya, Jepang mempunyai pakaian khas yaitu kimono. Kimono adalah pakaian resmi masyarakat Jepang. Kimono antara laki-laki dan perempuan itu berbeda. Kimono digunakan pada kesempatan yang istimewa, seperti pada pernikahan. Wanita yang belum menikah, mengenakan kimono Furisode.
Di bidang pertelevisian, banyak juga film-film kartun yang mengadaptasi karakter dari tokoh kartun Jepang, seperti doraemon, shinchan, detective conan, dan masih banyak lagi.
Selain itu, Jepang juga terkenal dengan Gunung Fuji dan bunga Sakuranya. Bunga Sakura memiliki berbagai macam jenis. Misalnya bunga Sakura berjenis Edohigan, Hikanzakura, Shidarezakura, dam Fuyuzakura. Sakura merupakan simbol nasional negara Jepang. Bunga Sakura berwarna merah muda, kalau bunga itu berguguran, sangat indah bila dilihat. Bunga ini memiliki kelopak dan bunga yang sangat banyak dan lebat hingga memenuhi batang dari pohonnya itu sendiri. Mekarnya pun secara bersamaan.
Kebudayaan di Jepang tidak akan ada habisnya. Setelah waktu itu gempa dan tsunami yang melanda Jepang, sekarang Jepang terlihat seperti kota mati. Tetapi, Jepang merupakan negara maju, pasti penduduk di Jepang dapat dengan mudah memperbaiki negaranya menjadi seperti sebelum terkena tsunami.
Di bidang perekonomian, Jepang berada pada urutan kedua terbesar di dunia. Jepang juga mempunyai industri teknologi tinggi pada bidang otomotif, industri kimia, tekstil, elektronik, mesin dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar